BOYOLALI — Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah membagikan bahan kain untuk pembuatan masker kepada 35 Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten/ Kota se- Jawa Tengah, Kamis-Jum’at (3-4/9/2020). Pembagian masker ini merupakan bantuan dari Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Jawa Tengah yang juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Bantuan ini merupakan janji Gubernur Jateng yang akan memberikan kain untuk dijahit dan dijadikan masker serta dibagikan pada masyarakat di sekitar Kwarcab seluruh Jawa Tengah yang ia sampaikan saat puncak HUT Pramuka ke-59 pada (25/8/2020) yang lalu.

Kegiatan ini dibagi kedalam empat tim Kwarda Jateng antara lain, Tim Binwil Surakarta yang dipimpin oleh Wakil Ketua Pengabdian Masyarakat (Waka Abdimas), Heru Djatmiko, Tim Binwil Pati dipimpin oleh Wakil Ketua Pengabdian Masyarakat (Waka Abdimas) Wika Bintang, Tim Binwil Semarang dan Pekalongan dipimpin oleh Sekretaris satu Kwarda Jateng, Istajib, serta Binwil Kedu dan Banyumas dipimpin oleh Yoki suparyoko dari Bina Satuan.

Saat mengunjungi Kwarcab Boyolali, Wakil Ketua Pengabdian Masyarakat (Waka Abdimas), Kwarda Jateng, Heru Djatmiko, Menjelaskan, “Bahwa sesuai arahan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat HUT Pramuka, bahwa anggota pramuka harus bergerak terdepan, terutama ikut bersama sama pemerintah mencegah dan mengurangi korban-korban pandemi Covid-19 ini, pramuka dihadapan Gubernur Ganjar Pranowo adalah orang-orang yang kreatif, sehingga beliau membantu pramuka berupa bahan kain untuk membuat masker. Masker ini nantinya diharapkan untuk bisa dibuat oleh anggota pramuka dan diberikan kepada masyarakat. Kita tahu bahwa masih banyak masyarakat Jawa Tengah yang masih abai menggunakan masker dan belum mentaati protokol kesehatan, padahal itu sangat penting untuk mencegah Covid-19. Nantinya secara serentak kain yang sudah dibuat oleh anggota pramuka tersebut akan dibagikan kepada masyarakat pada tanggal 1 Oktober 2020 yang bertepatan dengan hari kesaktian pancasila,” Ujarnya.

Sementara itu Kwartir Cabang Boyolali yang menjadi Kwarcab terakhir dalam pembagian kain hari ini (3/9) menyambut baik sekali bantuan kain dari Gubernur Jateng. Nantinya bantuan kain ini ditargetkan bisa membuat masker sebanyak 1.500 buah masker dengan standar World Health Organisation (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia,  dan akan dibagikan pada masyarakat di awal oktober saat peringatan hari kesaktian pancasila.

Mewakili Ketua Kwarcab Boyolali, Supana, Sekretaris Kwarcab Boyolali, Toto Subagyo, Mengatakan “Menyambut baik program Kwarda Jateng tentang pembagian masker kepada masyarakat serta mengedukasi pencegahan dan pemutusan rantai perkembangan Covid 19. Kwarcab Boyolali siap melaksanakan dan membuat masker, selain itu kami sangat berterimakasih sekali atas bantuan bahan kain dari Gubernur Ganjar Pranowo melalui Kwarda Jateng, harapannya segara mungkin nanti akan kami buat bersama anggota pramuka dan insyaallah siap diberikan pada masyarakat pada awal oktober nanti sekaligus memperingati hari kesaktian pancasila,” Ungkapnya. Rencananya sebanyak 52.500 masker akan dibagikan anggota pramuka se Jawa Tengah pada tanggal 1 Oktober 2020 mendatang. (Eksani/ Humas).

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *