Pembukaan Pesta Siaga Cabang di Lapangan Paras, Kecamatan Cepogo, Rabu (23/10/2019). (Foto : Eksani/ Humas)

BOYOLALI —  Untuk mengurangi dampak penyebaran virus corona (covid -19), Kwartir Cabang 1109 Boyolali menunda berbagai kegiatan di luar ruangan yang melibatkan massa yang banyak, diantaranya Penilaian Kwartir Ranting Tergiat atau Lomba Kwartir yang rencananya pada tanggal 25 dan 28 Maret serta pemberangkatan Kontingen Pesta Siaga Bina Wilayah (Binwil) Surakarta di Kabupaten Wonogiri pada tanggal 21 Maret. Kedua kegiatan tersebut resmi ditunda setelah para ketua Kwarcab se Koordinator Wilayah (Korwil) Surakarta melaksanakan rapat terbatas di Kwarcab Surakarta, Senin (16/3/2020).

Saat ditemui di Kwarcab Boyolali, Selasa (17/3/2020) pagi, Sekretaris Kwarcab Boyolali, Toto Subagyo, Menjelaskan bahwa “kemarin kita rapat koordinasi se korwil surakarta yang dihadiri semua ketua kwarcab dan sekretaris dari 7 Kab/ Kota diantaranya Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen dan Surakarta. Dari hasil rapat tersebut kita sepakat bahwa dengan berbagai pertimbangan Pesta Siaga Binwil Surakarta ditunda, yang rencananya 21 Maret ditunda 11 April 2020. Selain kegiatan Pesta Siaga Binwil Surakarta yang ditunda, Kwarcab Boyolali juga menunda Penilaian Kwartir Ranting Tergiat atau Lomba Kwartir yang rencananya tanggal 25 Maret dan 28 Maret mendatang, namun untuk kepastian kapan Lomba Kwartir dilaksanakan masih menunggu surat resmi,” Ujarnya.

Sementara itu Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah melalui surat resminya nomor 166/11-A tertanggal 14 Maret 2020 perihal Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Resiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease (Covid -19) yang ditujukan kepada para Ketua Kwarcab se- Jawa Tengah, Ketua Pimpinan Saka se- Jawa Tengah dan Ketua Pimpinan Sako se- Jawa Tengah, serta merujuk pada edaran Kwartir Nasional (Kwarnas) nomor : 0093-00-G tentang Gerakan Pramuka mengantisipasi merebaknya virus Covid-19 dan melaksanakan petunjuk Gubernur Jawa Tengah selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Jateng menyampaikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Seluruh jajaran Gerakan Pramuka diharapkan ikut berpartisipasi dalam mengantisipasi dan mencegah semakin merebaknya wabah virus Covid -19 di Jawa Tengah.
  2. Menunda untuk sementara kegiatan-kegiatan tingkat Binwil dan Kwarda, yakni
  3. Pesta Siaga Tingkat Binwil (Kecuali Binwil Banyumas yang sudah terselenggara pada tanggal 13-14 Maret 2020.
  4. Pertemuan Pramuka Siaga Sehari (Persari) Tingkat Jawa Tengah Tahun 2020 pada tanggal 18-19 April 2020.
  5. Penilaian Kwartir Cabang Tergiat (Lomba Kwartir)
  6. Pelatihan Kewirausahaan bagi Pramuka Penegak dan Pandega
  7. Kegiatan Kepramukaan yang akan dilakukan oleh Kwartir Cabang, Satuan Karya dan Satuan Komunitas yang melibatkan banyak orang agar dibatasi bila perlu ditunda atau dibatalkan sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Demikian bunyi Surat Edaran Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah yang ditanda tangani oleh Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah, Siti Atikoh Suprianti Ganjar Pranowo. Selain itu ada juga Penundaan Bimtek Admin Website dan Media Sosial Kwartir Cabang se- Jawa Tengah yang rencananya digelar Selasa (17/3/2020) hari ini juga ditunda sementara sampai kondisi dan situasi memungkinkan, serta menunggu petunjuk lebih lanjut.

Tangkapan Layar Whats App Group Pramuka Jateng.or.id

Rencananya surat resmi dari Kwartir Cabang 1109 Boyolali untuk penundaan kegiatan tersebut segera akan di sampaikan kepada Kwartir Ranting se- Kabupaten Boyolali dalam waktu dekat ini. (Eksani/ Humas)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *