Puluhan anggota pramuka mengikuti pembukaan penilaian pramuka garuda di SDN 2 Klewor, Kemusu, Senin (6/5/2024). (Ist)

BOYOLALI — Tim penilai pramuka garuda golongan siaga Kwartir Cabang Boyolali melakukan penilaian pada puluhan anggota pramuka siaga di SDN 2 Klewor, Kecamatan Kemusu, Boyolali, Senin (6/5/2024). Kegiatan tersebut dihadiri wakil ketua Kwarcab Boyolali Bidang Pembinaan Usia Muda (wakabinamuda), Kak Darmawan Eko Habriono, sejumlah andalan Kwarcab Boyolali dan Pengurus Kwarran Kemusu.

Dalam sambutannya Kak Darmawan mengajak anak anak pramuka golongan siaga untuk terus bisa menjadi contoh bagi anggota pramuka yang lain, seperti kedisiplinannya di sekolah, ketertibannya dalam bermasyarakat serta selalu taat pada orang tua, karena nantinya anak anak yang sudah melalui proses penilaian pramuka garuda ini setelah lulus akan dilantik dan dikukuhkan secara serentak, Ujar Kak Wawang sapaan akrabnya.

Penilaian pramuka garuda golongan siaga ini melalui lima tahapan seperti tentang syarat kecakapan umum (SKU), syarat kecakapan khusus (SKK), Administrasi umum, pernah mengikuti pertemuan siaga di kwartirnya, dapat menggunakan perangkat komputer hingga membuat berbagai macam karya.

Salah satu peserta Abdullah Arrokhim mengatakan “sangat senang dan bangga bisa mengikuti penilaian pramuka garuda di sdn 2 klewor, saya mempersiapkan diri selama satu bulan untuk mengikuti penilaian pramuka garuda ini seperti mempelajari sku, skk, hingga belajar membuat hasta karya”, Ungkapnya.

Tim penilai dari Kwarcab Boyolali, Kak Sugiyanto, mengatakan, “Untuk Penilaian pramuka garuda golongan siaga saat ini dilaksanakan di SDN 2 Klewor, Kecamatan Kemusu, Boyolali yang diikuti puluhan siswa siswi SD dan MI di wilayah utara, dengan rincian SDN 2 Klewor sebanyak 20 orang, dan MIN 7 Boyolali yang berlokasi di Simo sebanyak 7 orang, jadi jumlahnya sebanyak 30 orang, materi penilainnya seperti menilai SKU, SKK, Hasta karya, persari siaga, pertemuan siaga hingga skil menggunakan teknologi komputer,” Ungkapnya.

Sementara itu mewakili ketua Kwarcab Boyolali Kak Supana, Pelaksana Humas Kwarcab Boyolali, Kak Eksani, mengatakan, “anggota pramuka garuda kwarcab boyolali di semua golongan hingga saat ini sudah mencapai 650 orang, target kami sebanyak 1.000 orang anggota pramuka garuda di semua tingkatan golongan harus sudah bersertifikat hingga akhir masa kepengurusan masa bakti kami di bulan oktober 2025 mendatang, tentunya berbagai upaya untuk mengejar target tersebut sudah kami lakukan seperti memfasilitasi berbagai gugus depan untuk menjadikan gugus depan mantab, memfasilitasi para pembina untuk kursus mahir hingga mencetak para pelatih yang handal agar bisa mencetak pramuka garuda artinya pramuka garuda tersebut merupakan pramuka yang paripurna, harapannya nanti bisa menjadi contoh bagi anggota pramuka yang lainnya, Ujarnya.

Selain penilaian pramuka garuda digelar di Kwarran Kemusu, Kegiatan pelantikan pramuka garuda juga akan digelar oleh Kwarran Cepogo, tepatnya di MI Islamiyah, Geneng, Cepogo, Boyolali pada Rabu, 8 Mei 2024 esok. (Eksani/ Humas Kwarcab Boyolali)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *