Ratusan siswa SD/ MI se Kabupaten Boyolali ikuti Pesta Siaga Cabang Kwarcab Boyolali di Halaman SMPN 2 Wonosegoro, Rabu (21/12/2022). (Foto : Eksani/ Humas).

BOYOLALI — Sebanyak 336 siswa siswi Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se Kabupaten Boyolali mengikuti Pesta Siaga Cabang yang digelar oleh Kwartir Cabang 1109 Boyolali di SMPN 2 Wonosgeoro, Rabu (21/12/2022).

Kegiatan Pesta Siaga Cabang dibuka oleh Bunda Desy Adiwarni yang juga isteri Bupati Boyolali, M. Said Hidayat. Ikut hadir Ketua Kwarcab Boyolali Kak Supana, Sekretaris Kwarcab Boyolali Kak Toto Subagyo beserta Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Wonosegoro.

Usai upacara pembukaan selesai, para pelatih pembina pramuka bersama peserta melaksanakan flasmob atau menari bersama diringi lagu dangdut jawa koplo”gethuk asale soko telo” ratusan peserta tampak sumringah dan semangat menari menirukan para pelatih pembina di depan lapangan, sementara itu yahnda dan bunda dalam perindukan juga tampak larut dalam kegembiraan flasmob tersebut, benar saja karena kegiatan ini bertemakan pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat dan prestasi lebih hebat.

“Pesta Siaga merupakan pertemuan besar anggota pramuka dari golongan siaga, dalam kegiatan tersebut para peserta akan diajak bermain di taman taman yang sudah dipersiapkan oleh panitia, ada sebanyak 13 taman yang harus dilewati oleh peserta, 11 taman dilombakan dan dua taman partisipatif, diantaranya taman agama, taman bermain peran, taman tanda pengenal seragam pramuka, taman peta kabupaten Boyolali, taman tokoh dan pahlawan kepramukaan, taman bola pantul, taman mata angina dan tali temali, taman ketupat, taman gerak dan lagu, taman kebersihan lingkungan, tamna peduli kasih dan taman bumbung kemanusiaan. Peserta terdiri dari perwakilan 21 Kwarran se Kabupaten Boyolali, sebanyak 336 siswa SD/ MI”. Ujar Wakil Ketua Bidang Pembinaan Usia Muda (Wakabinamuda) Kwarcab Boyolali, Darmawan Eko Habriono.

Kegiatan pesta siaga ini dibagi dalam dua satuan terpisah, bagi peserta putra berada di sebelah barat gedung SMPN 2 Wonosegoro, sementara peserta putri berada di sebelah timur SMPN 2 Wonosegoro.

Ketua Kwarcab Boyolali, Kak Supana, menjelaskan “hari ini kami melaksanakan kegiatan pesta siaga tingkat cabang kwarcab Boyolali yang memilih lokasi di Kecamatan Wonosegoro dan bertempat di SMPN 2 Wonosegoro, kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan yang ada di program kerja kwarcab boyolali dan sekaligus sebagai ajang seleksi untuk memilih barung terbaik yang nanti akan mewakili kwarcab boyolali mengikuti seleksi atau pesta siaga di tingkat Binwil Surakarta”, Ungkapnya.

Bunda Desy Adiwarni Said Hidayat berfoto bersama Ketua Kwarcab Boyolali Kak Supana dan Forkompinca Wonosegoro.

Sementara itu Bunda Desy Adiwarni Said Hidayat, mengatakan, “alhamdulilah anak anak sangat bersemangat dan bergembira, dan sayapun merasa senang, bangga dan bahagia melihat anak anak yang hadir dalam pesta siaga kali ini yang diikuti 22 kecamatan, dan tentunya harapannya dalam pesta siaga ini selain pembentukan karakter juga nantinya bisa membentuk generasi anti narkoba sejak dini dan mempersiapkan anak anak yang menjelang remaja menjadi remaja yang sehat, kuat secara fisik dan mental, Ujarnya.

Pembukaan Pesta Siaga Cabang di halaman SMPN 2 Wonosegoro, Rabu (21/12/2022).

Meski cuaca sangat terik, namun ratusan peserta tampak antusias mengikuti permainan yang ada di belasan taman tersebut, seperti salah satu peserta asal Kwarran Teras, Reina Anggia Putri, “harapan saya mengikuti kegiatan ini agar tambah semangat dalam belajar dan berprestasi, untuk persiapan pesta siaga ini saya bersama teman latihan sekitar 15 kali dan saya sangat senang sekali mengikuti kegiatan ini dan yang paling saya suka itu di taman bola pantul namun yang agak sulit itu di taman tokoh dan pahlawan kepramukaan, Ungkapnya.

Rencananya bagi yang berhasil menjadi tergiat satu, dua dan tiga akan mendapatkan piala serta piagam penghargaan dari Kwarcab Boyolali, dan bagi juara umum akan mendapatkan piala bergilir Kwarcab Boyolali. (Eksani/ Humas).

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *