Tingkatkan Kecakapan, Puluhan Guru di Teras Ikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir DasarKMD TEras

Ketua Kwarcab Boyolali, Kak Supana, memberikan tunggul kursus kepada pelatih di ruang SMPN 2 Teras, Jum’at (4/11/2022). (Foto: Eksani/ Humas).

BOYOLALI — Untuk meningkatkan kecakapan para pembina pramuka, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Boyolali menggelar Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) di Kwartir Ranting Teras, Boyolali, Jum’at (4/11/2022). Kegiatan ini dilaksanakan di SMPN 2 Teras, Boyolali dan akan berlangsung selama enam hari dengan dua thermin. Untuk kegiatan di thermin pertama dimulai pada Jum’at (4-6/11/2022), sementara untuk thermin kedua dilaksanakan pada Jum’at (11-13/11/2022). Kegiatan pembukaan Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KMD) ini dihadiri oleh Ketua Kwartir Cabang Boyolali, Kak Supana, Ketua Majelis Pembimbing Ranting yang juga Camat Teras Joko Suseno, Ketua Kwartir Ranting Teras Sutarmin dan sejumlah tamu undangan. Kegiatan dibuka dengan penampilan penari para siswi SMPN 2 Teras dengan judul tarian Panguripane Tembogo, yang mengisahkan tentang mata pencaharian warga di Desa Tumang, Kecamatan Cepogo Boyolali yang memang sudah terkenal dengan ukiran dan kerajinan yang berbahan logam dan tembaga kuningan. “hari ini kwarran teras berkolaborasi dengan kwarcab boyolali menyelenggarakan kursus pembina pramuka mahir dasar yang diikuti 49 peserta dari pembina golongan siaga, penggalang dan penegak, harapannya kegiatan KMD ini bisa memenuhi harapan program kerja dari hasil rapat kerja cabang kwarcab boyolali, yang mana kwarcab boyolali mempunyai tekad untuk mencetak pembina pramuka sebanyak banyaknya dan alhamdulilah tahun ini sudah lebih dari 400 orang pembina sudah mengikuti kegiatan kursus pembina pramuka mahir tingkat dasar seperti yang digelar di Kwarran Teras ini,” Ujar Kak Supana, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Boyolali.

Siswi SMPN 2 Teras menampilkan tarian Panguripane Tembogo Tumang sebelum kegiatan KMD.

Adapun materi materi dalam kegiatan KMD tersebut diantaranya Orientasi kursus, dinamika kelompok, fundamental gerakan pramuka, UU gerakan pramuka dan AD/ART, sejarah pramuka, organisasi gerakan pramuka, metode membina pramuka, program latihan kepramukaan, simulasi ujian SKU, tata cara upacara latihan kepramukaan hingga mengajak para pembina outbond. Menurut Ketua Kwartir Ranting Teras, Kak Sutarmin, “kursus pembina pramuka tingkat dasar di kwarran teras itu sebenarnya sudah menjadi program kerja kwarran teras pada tahun 2022 ini, dan kenapa baru terlaksana sekarang karena menyusaikan agenda kegiatan dari kwarcab boyolali yang di tahun 2022 ini juga sangat banyak sekali dan baru bisa dimulai hari ini. KMD ini nantinya akan dilaksanakan selama enam hari dalam waktu dua thermin yang pertama tanggal 4 hingga 6 November dan thermin kedua pada tanggal 11-13 November bertempat di SMPN 2 Teras dengan peserta 49 calon pembina pramuka yang berasal dari pangkalan SD, SMP, MTs dan SMA Negeri yang terdiri dari 16 laki laki dan 33 perempuan. Harapannya nanti kepramukaan di Kwartir Ranting Teras Kualitasnya lebih meningkat dengan dibekali pendidikan kepramukaan seperti ini, karena selama ini para peserta belum mengetahui pendidikan kepramukaan secara detail,” Ujarnya. Sementara itu salah satu peserta dari SDN 2 Sudimoro, Candralia Ratna Dewi, mengatakan, “ia sangat senang bisa mengikuti kegiatan kursus pembina mahir tingkat dasar, kenapa saya mau ikut, karena disamping tugas juga sebagai kewajiban sebagai pembina pramuka untuk mengembangkan diri agar nanti siap untuk menghadapi adik adik pramuka di gugus depannya masing masing”, Ungkapnya.

Pembukaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar Kwarran Teras di SMPN 2 Teras, Jum’at (4/11/2022). (Foto: Eksani/ Humas).

Hal senada disampaikan oleh peserta dari SMPN 1 Teras, Ajeng Christina Dewi, “jadi saya ingin mengembangkan diri saya, karena saya ditunjuk untuk membina pramuka di sekolah saya, dan saya merasa kurang ilmu tentang kepramukaan, jadi saya ingin mengikuti kegiatan KMD ini agar saya mempunyai ilmu yang cukup dalam membina anak didik saya di sekolah. Dan dari situ saya inginnya anak didik saya harus lebih mempunyai karakter yang labih baik, karena kita tahu bahwa anak anak di SMP sekarang banyak yang tidak disiplin, tidak mandiri dan itu bukan karakter pramuka, dengan ikut KMD ini selain nantinya saya ingin mengajarkan anak anak  project juga ingin mengajarkan kegiatan pramuka agar anak anak didik saya mempunyai karakter yang diharapkan yaitu mandiri, disiplin dan bertanggung jawab”, Ungkapnya.

Rencananya kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar ini akan diberikan materi kepramukaan oleh para pelatih dari Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang (Pusdiklatcab) Kwarcab Boyolali yang diketuai oleh Kak Mumun. Harapannya kegiatan dapat memberikan ilmu kepramukaan kepada para pembina pramuka yang mayoritas masih usia muda. (Eksani/ Humas).  

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *