Kepala Disporapar Boyolali yang juga Ketua Kwarcab Boyolali, Kak Supana (tengah) menghadiri Rapat Koordinasi Wilayah Pramuka Se Solo Raya di Joglo Ageng, Selo, Selasa (27/9/2022). (Foto : Eksani/ Humas).

BOYOLALI — Puluhan pengurus pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten/ Kota se Solo Raya menggelar rapat koordinasi wilayah (rakorwil) di Joglo Ageng, Selo, Boyolali, Selasa (27/9/2022). Kegiatan ini untuk pertama kalinya digelar di Kwarcab Boyolali setelah dua tahun vakum akibat pandemi covid-19, Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) pramuka se Solo Raya ini dalam rangka pelaporan kegiatan yang sudah dilakukan oleh masing masing Kwartir Cabang serta program kerja yang akan dilaksanakan oleh masing masing Kwartir Cabang di tahun mendatang. Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Boyolali yang juga selaku Ketua Kwarcab Boyolali, Kak Supana.

Kegiatan rakorwil seperti ini biasanya digelar di Kota Surakarta sebagai tuan rumah, namun sejak tahun 2022, kegiatan rakorwil digelar secara bergantian di 7 Kabupaten/ Kota se Solo Raya. Sebelum di Kwarcab Boyolali, kegiatan dilakukan di Kwarcab Klaten beberapa bulan lalu.

Menurut sekretaris 1 Kwarcab Boyolali, Kak Toto Subagyo,” hari ini Kwarcab Boyolali itu kejatah artinya kedatangan tamu dari binwil surakarta dari 7 kabupaten/ kota se solo raya, memang kegiatan ini sudah biasa kita laksanakan tiga bulan sekali ya dan kwarcab boyolali memilih selo karena tanpa AC pun selo sudah sejuk dan diharapkan saat berembug pun dalam suasana yang sejuk, tadi sudah ada beberapa keputusan bersama untuk pengembangan pramuka di solo raya, salah satunya peran serta pramuka di tingkatan SMA/ SMK belum maksimal oleh sebab itu tadi disimpulkan bahwa nantinya rakorwil se solo raya seperti ini akan mengundang para kepala cabang dinas V yang membawahai area surakarta untuk berembug bersama bagaimana mengajak sekolah SMA/ SMK dalam memberikan dukungan secara finansial. Harapannya dengan rakorwil pramuka se solo raya bisa menemukan hal baru yang kemudian bisa ditiru oleh kwarcab lainnya, selain itu berbagai kegiatan juga sudah kita sepakati bersama untuk di tingkatan binwil Surakarta, seperti pelaksanaan KPD di kwarcab karanganyar, pesta siaga binwil di sukoharjo, dan pitaran pelatih yang direncanakan di kwarcab boyolali, Ujarnya.

Peserta Rakorwil Pramuka se Solo Raya di Joglo Ageng, Selo, Boyolali, Selasa (27/9/2022). (Foto : Eksani/ Humas).

Usai melaksankan rakorwil di Joglo Ageng, puluhan pengurus Kwartir Cabang se Solo Raya diajak tour wisata ke beberapa tempat indah di wilayah Selo seperti di simpang pakubuwono VI, dan Bukit Sanjaya. Antusias para pengurus pramuka tersebut luar biasa, meskipun banyak yang sudah berusia 60 tahun ketas namun para pengurus pramuka kwarcab se solo raya tersebut masih kuat mendaki perbukitan sanjaya yang viewnya merapi dan merbabu sangat indah.

Salah satu peserta tour wisata ialah ketua harian Kwarcab Surakarta, Kak Said, menurutnya, “kesannya datang ke boyolali sangat menggembirakan dan membahagiakan sekali, utamanya kegiatan pramuka di solo raya itu memberikan satu wawasan yang baik terkait dengan apa yang dilakukan di masing masing kwarcab, jadi kita tidak seperti katak dalam tempurung dan ternyata kegiatan pramuka itu sangat menyenangkan lebih banyak dilakukan di lapangan atau outdor  ya seperti ini, intinya disini senang disana senang itu memang betul sekali, dan tidak mengurangi tugas dan fungsi pokok kepramukaan dalam membentuk karakter pada peserta didik atau anak anak. Setiap mengikuti kegiatan pramuka seperti ini saya sangat antusias sekali seperti saat ini kita mendaki bukit sanjaya serta melihat keindahan alamnya luar biasa indah, harapannya nanti kegiatan kepramukaan di solo raya bisa lebih baik lagi, Ungkap Kak Said Romadhon, yang juga menjabat sebagai Koordinator Kwarcab se Binwil Surakarta tersebut.

Peserta Rakorwil pramuka se Solo Raya tour wisata ke bukit sanjaya, Selo, Selasa (27/9/2022). (Foto : Eksani/ Humas).

Berbagai keputusan Rakorwil pramuka se Solo Raya tersebut nantinya akan dilaporkan ke Kwartir Daerah Jawa Tengah untuk disetujui dan dievaluasi serta ditindak lanjuti agar program kegiatan yang sudah disepakati bersama bisa terealisasi. (Eksani/ Humas).

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *