KWARTIR CABANG BOYOLALI

Puluhan Pembina Pramuka Boyolali Raih Penghargaan Pancawarsa di Hari Pramuka ke 61

Bupati Boyolali M. Said Hidayat, SH (kelima dari kiri) saat berfoto bersama usai peringatan hari pramuka (foto sebelum pandemi). (Eksani/ Humas).

BOYOLALI — Gerakan PramukaKwartir Daerah Jawa Tengah memberikan Penganugerahan tanda penghargaan lencana pancawarsa bagi anggota pramuka dewasa atau pembina pramuka di 35 Kwartir Cabang Kabupaten/ Kota se Provinsi Jawa Tengah. Surat Keputusan Kwarda Jateng tentang Penganugerahan tanda penghargaan lencana pancawarsa tersebut tertuang dalam SK. Nomor. 132 Tahun 2022 yang ditandatangani langsung oleh Ketua Kwarda Jateng, Kak Hj. Siti Atikoh Suprianti, STP., MT., MPP. Pada tanggal 29 Juli 2022.

Kwartir Cabang Boyolali termasuk salah satu Kwarcab yang banyak mendapatkan tanda penghargaan lencana pancawarsa, mulai dari pancawarsa I, pancawarsa II, pancawarsa III, pancawarsa IV, pancawarsa V, hingga pancawarsa VI.

Penyematan tanda penghargaan tersebut rencananya akan dilakukan oleh ketua majelis pembimbing daerah jawa tengah atau biasa disebut Kamabida yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Pada puncak hari ulang tahun pramuka ke 61 tingkat Kwarda Jateng yang akan digelar di Kebun Raya Indrokilo, Kemiri, Mojosongo, Boyolali pada akhir bulan Agustus 2022 mendatang.

Lencana pancawarsa merupakan salah satu tanda penghargaan kepada anggota dewasa gerakan pramuka sebagai penghargaan atas kesetiaannya pada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa gerakan pramuka selama lima tahun atau kelipatannya secara terus menerus. Lencana pancawarsa I sampai pancawarsa IV terbuat dari logam berwarna perak, sedangkan lencana pancawarsa V hingga pancawarsa utama dibuat dari logam berwarna emas.

Bupati Boyolali Kak M. Said Hidayat, SH berfoto bersama Ketua Kwarcab Boyolali Kak Supana dan Kepala Disdikbud Boyolali Kak Darmanto, (Foto sebelum pandemi).

Menurut Ketua Kwarcab Boyolali, Kak Supana, M.Pd, mengatakan, “jadi direncanakan untuk pelaksanaan upacara hari pramuka ke 61 tingkat kwarda jawa tengah akan dilaksanakan di Boyolali tepatnya di kebun raya indrokilo, dalam pelaksanaan upacara nanti akan berkenan menjadi pembina upacara adalah kamabida kak ganjar pranowo dan akan hadir adalah seluruh ketua kwarcab se jawa tengah, serta ada lima orang bupati dan walikota akan menerima penghargaan ketika upacara dan insyallah akan hadir secara pribadi karena memang penghargaan itu harus diterima yang bersangkutan secara langsung. Salah satu bupati yang akan menerima penghargaan adalah bupati rembang, bupati sragen, dan bupati jepara, nantinya akan ada sekitar 2.500 anggota pramuka ikut memeriahkan hari ulang tahun pramuka ke 61, dengan rincian 700 anggota pramuka akan melakukan perkemahan dan 700 anggota pramuka juga menjadi peserta upacara kemudian ada 650 itu dari tamu undangan selebihnya dari panitia di tingkat kwarcab maupun di tingkat kwarda. Sehari sebelumnya juga akan ada perkemahan dan pentas kesenian serta bazar dari UMKM yang ada di boyolali, kita akan dirikan lapak lapak untuk memberikan ruang kepada pelaku UMKM untuk bisa memberikan pelayanan terbaik pada peserta upacara maupun undangan yang datang, harapannya pertama tama kita ingin menunjukan bahwa boyolali siap dan ingin menjadi tuan rumah yang baik dan semoga kegiatan lancer sekaligus memberikan inspirasi bagi steakholder di boyolali untuk lebih mencintai pramuka, Ungkap Supana yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kab. Boyolali tersebut.

SK Tanda penghargaan pancawarsa dari Kwarda Jateng
Lampiran SK Tanda Penghargaan untuk Kwarcab Boyolali.

Sementara itu Humas Kwarcab Boyolali, Eksani, mengatakan, ada sebanyak 44 orang anggota pramuka dewasa atau pembina pramuka se kabupaten boyolali yang mendapatkan tanda penghargaan pancawarsa, mereka ada yang dari para guru, anggota kwarran, pembina gudep, andalan kwarcab, kamabigus, hingga para pengurus kwarcab boyolali, salah satu yang mendapatkan tanda penghargaan pancawarsa VII adalah ketua kwarcab boyolali kak supana, andalan cabang bina muda kak sugiyanto pancawarsa VI, bendahara kwarcab boyolali kak darmisih pancawarsa VI, wakil ketua kwarcab bidang humas kak Agus Winarno pancawarsa V, bahkan saya sendiri sebagai andalan humas juga mendapatkan tanda penghargaan pancawarsa I, Harapannya kami yang mendapatkan lencana tanda penghargaan ini bisa semakin memotivasi kami untuk terus berbakti, mengabdi dan membesarkan pramuka, karena pramuka berbakti tanpa henti, Ujarnya. Kamis (4/8/2022). (Eksani/ Humas).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.