KWARTIR CABANG BOYOLALI

16 Anggota Pramuka Kwarcab Boyolali Lolos Jamnas di Cibubur Jakarta

Peserta Jambore Nasional yang sudah lolos seleksi mengikuti latihan di Sanggar Pramuka Kwarcab Boyolali, Minggu (12/6/2022). (Foto: Kak Sugiyanto)

BOYOLALI — Sebanyak 52 anggota pramuka penggalang SMP/ MTs se Kabupaten Boyolali mengikuti seleksi Jambore Nasional (Jamnas) yang digelar oleh Kwartir Cabang 1109 Boyolali pada akhir Mei 2022 yang lalu.

Setelah melalui tahapan uji kecakapan khusus dan uji kecakapan umum tentang kepramukaan, ada sebanyak 16 orang anggota pramuka penggalang putra dan putri yang berhasil lolos seleksi mengikuti kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) di Bumi Perkemahan (Bumper), Cibubur, Jakarta.

Proses seleksi anggota pramuka penggalang yang akan mengikuti Jamnas tersebut dilewati sangat ketat oleh para peserta mulai dari penilaian SKU, SKK serta harus pramuka garuda bahkan kesiapan fisik peserta juga yang utama, selain itu semua peserta harus terbebas dari paparan Covid-19 dibuktikan dengan tes PCR.

Wakil Ketua Kwarcab Boyolali bidang pembinaan usia muda (Wakabinamuda), Kak Darmawan Eko Habriono, menjadi pembina apel pada pelaksanaan pelatihan Jamnas, di Sanggar pramuka, Minggu (12/6/2022). (Foto: Kak Sugiyanto).

Ke 16 anggota pramuka yang lolos seleksi tersebut merupakan  perwakilan dari SMPN 1 Boyolali, SMPN 2 Boyolali, SMPN 4 Boyolali, SMPN 2 Teras, SMPN 1 Selo, SMPN 2 Simo, SMPN 1 Kemusu, SMPN 1 Nogosari, SMPN 2 Andong serta 2 perwakilan dari MTsN 13 Simo Boyolali dan MTsN 14 Klego Boyolali.

Setelah diumumkan oleh Kwarcab Boyolali, ke 16 peserta tersebut kini masuk dalam pelatihan dan pembinaan dari Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklatcab) serta dari urusan pembinaan bina muda Kwarcab Boyolali.

Menurut salah satu pelatih, Sugiyanto, “peserta jamnas tahun ini terpilih 16 orang anggota pramuka penggalang SMP/ MTs yang terdiri dari 8 putra dan 8 putri serta 2 orang pembina.

Setiap seminggu sekali kita jadwalkan latihan jamnas, kemarin minggu kita adakan latihan di sanggar pramuka kemiri, adik adik kita ajari sesuai juklak dan juknisnya seperti kegiatan umum, keagamaan, ketrampilan tekspram, sekarang yang lagi tren itu brodcasting baik radio maupun televisi dan nanti di jamnas ada materi itu, giat persaudaraan, giat bakti, giat wisata hingga giat wawasan, selain itu juga kita ajarkan tata cara upacara jambore dan latihan baris berbaris, Ujarnya, Jum’at (17/6/2022).

Sementara itu mewakili Ketua Kwarcab Boyolali, Supana, Humas Kwarcab Boyolali, Eksani, mengatakan “karena jambore nasional tahun 2022 ini dirancang saat pandemi covid-19, maka kami ingatkan nantinya adik adik para peserta perwakilan kwarcab boyolali ini bisa menyesuaikan situasi kondisi disana, saya ikut sosialisasi jamnas oleh kwarnas waktu itu melalui zoom, nantinya tenda jamnas dibuat sama semuanya yaitu tenda dome atau tenda seperti kubah. Selain itu tidak semua orang diijinkan memasuki area jambore kecuali panitia, peserta dan tamu undangan bahkan tidak boleh berjualan di lokasi jambore, hal tersebut guna mengurangi penyebaran covid-19, karena masih dalam situasi pandemi. Namun kami berharap adik adik nanti bisa menampilkan kesenian asli dari Boyolali seperti tari topeng atau tari gedruk dan bisa membawa nama baik Boyolali, biasanya juga akan ada karnaval yang memakai pakaian adat nusantara dan target kami Boyolali bisa masuk 3 besar dalam kegiatan Jamnas tersebut, para peserta Jamnas ini nanti akan kami berangkatkan pada 11 Agustus 2022 mendatang, Ujarnya, Jum’at (17/6/2022).

Rencananya kegiatan Jamnas di Cibubur, Jakarta tersebut akan berlangsung selama 10 hari hingga berakhir pada tanggal 21 Agustus 2022. (Humas).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.