KWARTIR CABANG BOYOLALI

Kwarcab Boyolali dirikan Posko Mudik di Bawaslu

POSKO MUDIK : Kwarcab Boyolali mendirikan posko mudik di kantor Bawaslu Boyolali, Rabu (27/4/2022). Posko induk pramuka ini sebagai tempat koordinasi serta membantu kelancaran arus mudik yang melewati Boyolali Kota.

BOYOLALI — Untuk membantu kelancaran arus mudik 2022, Gerakan pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Boyolali mendirikan posko mudik di sejumlah kecamatan yang dilewati oleh pemudik. Posko mudik yang tergabung dalam karya bakti lebaran tahun 2022 ada sejumlah 8 kwartir ranting atau tingkat kecamatan yang mendirikan mulai dari Selo, Cepogo, Banyudono, Ngemplak, Simo, Karanggede, Andong dan Juwangi.

Untuk posko induk Kwarcab Boyolali mendirikan di depan kantor Bawaslu Boyolali yang berada jalan pandanaran, Boyolali.

Posko Mudik Kwarcab Boyolali sudah siap menyambut para pemudik yang melewati Boyolali Kota.

“mulai hari ini 28 april 2022, Kwarcab Boyolali akan menggelar apel besar di depan kantor Bawaslu dalam rangka kesiapan pramuka Boyolali membantu kelancaran arus mudik, nantinya disetiap posko mudik ada 20 personil anggota pramuka hingga 40 personil, mereka akan berbagi tugas seperti yang sudah dijadawalkan, dan insyallah hari ini juga akan dilakukan pemantauan langsung oleh Kwartir Daerah Jawa Tengah di posko induk pramuka, rencananya kak Eko Agustin Kwarda Jateng yang akan datang selain itu nanti Kwarcab Boyolali juga akan melakukan live atau siaran langsung melalui kanal youtube Kwarcab Boyolali maupun Kwarnas tentang persiapan posko mudik yang didirikan pramuka serta serba serbi arus mudik”, Ujar Kak Eksani, Abdimas Humas Kwarcab Boyolali, Kamis (28/4/2022) pagi.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Boyolali, Taryono Muhtar, mengatakan, “Bawaslu boyolali sangat mendukung sekali dengan adanya pramuka peduli lebaran ini yang diagendakan oleh kwarcab boyolali, karena Bawaslu sendiri juga sudah memiliki saka adhyasta pemilu, dan menjelang lebaran ini saka adhyasta pemilu akan semaksimal mungkin membackup itu, nanti akan kami siapkan 22 personil dalam posko induk tersebut, selain itu nanti akan kita siapkan fasilitas lengkap untuk adik adik pramuka di Bawaslu Boyolali seperti ruangan rapat, pantry, kamar mandi, hingga perlengkapan lainnya semampu kita, bahkan anggota kami dari Bawaslu nanti akan kita terjunkan juga untuk memantau posko induk di bawaslu itu. Meski saka adhyasta pemilu merupakan saka yang baru di kwarcab boyolali ini saatnya momentum untuk saka adhyasta pemilu itu bisa berkembang dan menjadi pembelajaran bagi kita di bawaslu, kedepan semoga bisa menjadi lebih baik lagi,” Ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh ketua kwarcab Boyolali, Supana, “kegiatan karya bakti lebaran ini merupakan kegiatan rutin bagi adik adik pramuka di kwarcab boyolali setiap tahun. Jadi karena dimungkinkan dengan adanya masyarakat merayakan lebaran agak uforia karena dua tahun itu terbendung karena covid-19 dan ini nanti kan kemungkinan besar akan banyak kerumunan luar biasa, adik adik pramuka kita tempatkan pada posisi-posisi strategis untuk membantu petugas kepolisian, Satpol PP untuk membantu mengaturperihal kelancaran lalu lintas, kemudian untuk peduli dalam membagikan takjil berbuka puasa, kemudian untuk sosialisasi terhadap pengetatan dalam pemberlakuan prokes secara ketat dan ini kita perankan secara maksimal. Pramuka yang terlibat cukup banyak dari satuan karya akan kita libatkan seperti saka bhayangkara Polres Boyolali, Saka bhakti husada dari dinas kesehatan dan saka Adhyasta pemilu. Sementara itu untuk posko di tingkat kabupaten ada lima posko induk, dan satu posko induk pramuka berada di kantor Bawaslu Boyolali di Sunggingan, untuk tingkat kecamatan ada 8 posko di 8 Kwarran, yaitu Kwarran Selo, Kwarran Cepogo, Kwarran Banyudono, Kwarran Andong, Kwarran Juwangi, Kwarran Ngemplak, Kwarran Simo dan Kwarran Karanggede. Jadi ada 8 Kwarran nanti yang akan menjadi pusat kegiatan pramuka peduli lebaran dan nanti akan dimulai pada tanggal 28 april 2022 adik adik pramuka sudah membantu petugas di lapangan. Ujar Supana, yang juga menjabat Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kab. Boyolali.

Harapannya dengan pendirian posko mudik oleh Kwarcab Boyolali ini bisa membantu kelancaran arus lalu lintas serta membantu pemudik saat melintas di Boyolali. (Eksani/ Humas).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.