KWARTIR CABANG BOYOLALI

Karya Bakti Lebaran, Ratusan anggota pramuka Boyolali akan diterjunkan

KARYA BAKTI LEBARAN : Ketua Kwarcab Boyolali, Kak Supana, M.Pd (tengah) memimpin rapat koordinasi bersama lintas instansi di Aula Sanggar Pramuka, Kemiri, Mojosongo, Boyolali, Rabu (20/4/2022). (Foto : Eksani/ Humas).

BOYOLALI — Jelang perayaan hari raya idul fitri 1443 H, gerakan pramuka kwartir cabang (Kwarcab) 1109 Boyolali akan menggelar kegiatan pramuka peduli lebaran dengan tema karya bakti pramuka peduli lebaran (KBPPL) 1443 H/ 2022 M.

Kegiatan pramuka peduli lebaran ini nantinya akan difokuskan dalam membantu petugas TNI-POLRI-Satpol PP dalam mengurai kemacetan saat arus mudik yang melalui Kab. Boyolali. Selain itu kegiatan pramuka peduli lebaran ini juga akan bakti sosial dalam pembagian takjil berbuka puasa serta pembagian zakat fitrah di masing-masing kwartir ranting atau di setiap kecamatan.

Untuk melaksanakan kegiatan pramuka peduli lebaran tersebut, Kwarcab Boyolali menggelar rapat koordinasi lintas instansi seperti TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Bawaslu Boyolali, para ketua Kwarran, panitia pramuka peduli lebaran, andalan cabang hingga pamong saka di aula Sanggar Pramuka Kwarcab Boyolali, Kemiri, Mojosongo, Rabu (20/4/2022).

Anggota pramuka Kwarcab Boyolali membantu petugas kepolisian dalam pengetatan protokol kesehatan di depan Sanggar pramuka, Kwarcab Boyolali. Kemiri, Mojosongo, (Foto : Eksani/ Humas).

Menurut ketua kwarcab Boyolali, Supana, “kegiatan karya bakti lebaran ini merupakan kegiatan rutin bagi adik adik pramuka di kwarcab boyolali setiap tahun. Jadi karena dimungkinkan dengan adanya masyarakat merayakan lebaran agak uforia karena dua tahun itu terbendung karena covid-19 dan ini nanti kan kemungkinan besar akan banyak kerumunan luar biasa, adik adik pramuka kita tempatkan pada posisi-posisi strategis untuk membantu petugas kepolisian, Satpol PP untuk membantu mengaturperihal kelancaran lalu lintas, kemudian untuk peduli dalam membagikan takjil berbuka puasa, kemudian untuk sosialisasi terhadap pengetatan dalam pemberlakuan prokes secara ketat dan ini kita perankan secara maksimal. Pramuka yang terlibat cukup banyak dari satuan karya akan kita libatkan seperti saka bhayangkara Polres Boyolali, Saka bhakti husada dari dinas kesehatan dan saka Adhyasta pemilu. Sementara itu untuk posko di tingkat kabupaten ada lima posko induk, dan satu posko induk pramuka berada di kantor Bawaslu Boyolali di Sunggingan, untuk tingkat kecamatan ada 8 posko di 8 Kwarran, yaitu Kwarran Selo, Kwarran Cepogo, Kwarran Banyudono, Kwarran Andong, Kwarran Juwangi, Kwarran Ngemplak, Kwarran Simo dan Kwarran Karanggede. Jadi ada 8 Kwarran nanti yang akan menjadi pusat kegiatan pramuka peduli lebaran dan nanti akan dimulai pada tanggal 28 april 2022 adik adik pramuka sudah membantu petugas di lapangan”. Ujar Supana, yang juga menjabat Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kab. Boyolali.

Ketua Bawaslu Boyolali, Taryono Muhtar (kedua dari kanan) mengikuti rapat koordinasi pramuka peduli lebaran bersama kwarcab Boyolali dan linstas instansi di Aula Sanggar pramuka Kwarcab Boyolali, Rabu (20/4/2022). (Foto : Eksani/ Humas).

Sementara itu ketua panitia pramuka peduli lebaran, Agus winarno, mengatakan, “nantinya setiap kwarran yang ikut serta dalam pramuka peduli lebaran ini akan mengirimkan 20 personil hingga 40 personil, kegiatan ini sebagai bentuk pelatihan terhadap adik adik pramuka dan anggota dewasa terkait kita peduli sesama dalam rangka meningkatkan kepedulian selain itu mengajak masyarakat untuk tetap taat protokol kesehatan, memakai masker itu kata kuncinya karena pandemi belum usai, Harapannya pramuka bisa menjadi contoh yang baik dalam mentaati prokes,” Ujarnya.

Untuk arus mudik yang melalui Boyolali kota nantinya Posko induk pramuka akan di koordinasikan oleh adik adik pramuka dari saka adhyasta pemilu Bawaslu Boyolali, karena posko induk pramuka berada di sekretariat kantor Bawaslu di Sunggingan Boyolali. Nantinya adik adik pramuka akan bertugas selama 24 jam dan akan dibagi dalam beberapa shift dan akan dimulai pada tanggal 28 April 2022 mendatang.

“Bawaslu boyolali sangat mendukung sekali dengan adanya pramuka peduli lebaran ini yang diagendakan oleh kwarcab boyolali, karena Bawaslu sendiri juga sudah memiliki saka adhyasta pemilu, dan menjelang lebaran ini saka adhyasta pemilu akan semaksimal mungkin membackup itu, nanti akan kami siapkan 22 personil dalam posko induk tersebut, selain itu nanti akan kita siapkan fasilitas lengkap untuk adik adik pramuka di Bawaslu Boyolali seperti ruangan rapat, pantry, kamar mandi, hingga perlengkapan lainnya semampu kita, bahkan anggota kami dari Bawaslu nanti akan kita terjunkan juga untuk memantau posko induk di bawaslu itu. Meski saka adhyasta pemilu merupakan saka yang baru di kwarcab boyolali ini saatnya momentum untuk saka adhyasta pemilu itu bisa berkembang dan menjadi pembelajaran bagi kita di bawaslu, kedepan semoga bisa menjadi lebih baik lagi,” Ujar Ketua Bawaslu Boyolali, Taryono Muhtar. Rabu (20/4/2022).

Rencananya pramuka peduli lebaran ini nantinya akan dimulai pada 28 april 2022 hingga arus balik lebaran. (Eksani/ Humas).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.