Wakil ketua Kwarcab Boyolali Bidang Pembinaan anggota muda, Kak Darmawan Eko Habriono (kanan), Humas Kwarcab Boyolali Kak Eksani (tengah) dan Wakil ketua DKC Kwarcab Boyolali, Kak Amin Rizqi Istikomah (kiri) saat mengikuti Rakerda secara virtual, Sabtu (5/2/2022).

BOYOLALI — Gerakan pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahap 1 di gedung pramuka lantai 4 Jalan Pahlawan No. 8 Kota Semarang, Sabtu (5/2/2022). Kegiatan ini juga diikuti sebanyak 35 Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Kota se Provinsi Jawa Tengah secara virtual.

Dalam kegiatan ini setiap Kwartir Cabang menugaskan sejumlah pengurus harian di jajaran Kwartir Cabangnya masing-masing. Kwartir Cabang Pramuka Boyolali menugaskan beberapa peserta Rakerda Pramuka Jateng diantaranya Ketua Kwarcab Boyolali, Supana, Wakil ketua pembinaan anggota muda, Darmawan Eko Habriono, Wakil ketua pembinaan anggota dewasa, Saryono, Wakil ketua bina satuan, Lasno, Wakil ketua organisasi dan hukum, Bambang Prihantoro, Wakil ketua Pengabdian Masyarakat dan Humas Agus Winarno, Wakil ketua Aset dan sarpras, Endang Rahayu, Sekretaris 1 Kwarcab Boyolali, Toto Subagyo, Sekretaris 2 Aryo Tejo Budiarto, Kepala Pusdiklatcab, Mumun, dan Andalan cabang Abdimas Humas, Eksani, serta Wakil ketua Dewan kerja cabang, Amin Rizqi Istiqomah.

Tangkapan layar melalui aplikasi zoom meeting, pemaparan Humas Kwarda Jateng, Kak Andicha tentang Anugerah Pandu Citra Loka yang akan digelar kembali tahun 2022.

Mewakili Ketua Kwarcab Boyolali, Supana, Wakil ketua Bidang Pengabdian masyarakat dan Humas, Agus Winarno, menyampaikan, setelah mengikuti kegiatan Rakerda Pramuka Jateng, Harapannya nanti pramuka Boyolali segera mengoptimalkan peran anggota pramuka di Boyolali sebagai agen dan duta perubahan perilaku dimasa pandemi covid-19, menggiatkan kembali pramuka peduli ditiap-tiap Kwartir Ranting atau ditiap Kecamatan dalam membantu masyarakat, untuk itu perlu adanya pengukuhan terhadap anggota pramuka peduli ditiap Kwarran atau kecamatan, selain itu program-program yang sudah direncanakan dalam rapat kerja daerah bisa dilaksanakan juga di Kwartir Cabang, tegasnya.  

Sementara itu, Humas Kwarcab Boyolali, Eksani, mengatakan, karena masih pandemi covid-19 penyampaian rapat kerja daerah yang diikuti 35 Kabupaten/ Kota se Jawa Tengah digelar secara luring dan virtual. Untuk kegiatan yang kami ikuti hari ini di sanggar pramuka Kwarcab Boyolali secara virtual, namun tetap dengan mentaati protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Tangkapan layar melalui aplikasi zoom meeting Rakerda Kwartir Daerah Jawa Tengah, Sabtu (5/2/2022).

Nantinya untuk Rakerda tingkat Jawa Tengah untuk tahap kedua akan digelar kembali pada bulan Maret 2022 yang akan datang di Semarang secara luring, berbagai program yang sudah dilaksanakan dan program yang akan dilaksanakan oleh Kwarda Jateng disampaikan secara singkat oleh perwakilan bidang masing-masing seperti dari Bidang Humas yang akan menggelar kembali Lomba Kehumasan Pandu Citra Loka untuk kedua kalinya, yang nantinya akan ada lomba Duta Humas pramuka jateng untuk anggota penegak dan pandega, lomba pengelolaan website untuk Kwarcab se Jawa Tengah, Festival Film Pramuka untuk anggota dewasa, Podcast Pramuka untuk gugus depan, satuan kominitas dan satuan karya, dan kuis pandu citra loka untuk anggota pramuka siaga. Nantinya semua perlombaan Kehumasan Pandu Citra Loka itu akan digelar mulai bulan April hingga bulan Agustus 2022, kami akan mengirimkan juknis dan juklaknya nanti ke Kwartir Ranting ditiap Kecamatan setelah kami dapatkan dari Kwarda Jateng, Ujarnya.

Dari pemaparan Rakerda oleh Kwarda Jateng, salah satu program yang spektakuler yaitu akan adanya puncak HUT Pramuka ke 61 tahun 2022 yang rencananya akan dilaksanakan di Kebun Raya Indrokilo, di Desa Butuh, Kecamatan Mojosongo, Boyolali pada bulan Agustus 2022 yang akan datang, namun jika pandemi covid-19 bisa dikendalikan dan jika diizinkan oleh satgas Covid-19 serta diberikan izin keramaian oleh pihak kepolisian.

Tangkapan layar melalui aplikasi zoom meeting rencana program Kwarda Jateng tentang puncak upacara HUT Pramuka ke 61 tahun 2022 di Kebun Raya Indrokilo, Boyolali pada bulan Agustus mendatang. (Foto : Eksani/ Humas).

Sebenarnya tahun 2020 yang lalu puncak upacara HUT pramuka ke 59 digelar di Kebun Raya Indrokilo, Boyolali, namun karena pandemi Covid-19 akhirnya batal digelar dan diganti secara virtual. Namun tahun 2022 ini Kwarda Jateng akan mengusahakan kembali Kabupaten Boyolali menjadi tuan rumah puncak upacara HUT pramuka tingkat Kwarda Jateng.

Harapannya dengan pelaksanaan Rakerda yang diikuti oleh Kwarcab Boyolali ini bisa memaksimalkan peran anggota pramuka dimasayarakat sebagai duta dan agen perubahan dimasa pandemi covid-19. (Eksani/ Humas)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *