Puluhan anggota pramuka mengikuti pembukaan pramuka peduli di Aula SMKN 1 Mojosongo, Boyolali, Selasa (23/11/2021). (Foto: Eksani/ Humas)

BOYOLALI — Gerakan pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Boyolali menggelar pelatihan pramuka peduli di SMKN 1 Mojosongo, Boyolali, Selasa (23/11/2021). Kegiatan merupakan salah satu program kegiatan Kwarcab Boyolali yang difasilitasi oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Jateng.

Pelatihan pramuka peduli diikuti sebanyak 40 peserta dari perwakilan Kwartir Ranting (Kwarran) di Masing-masing Kecamatan se Kabupaten Boyolali.

Ikut hadir dalam kegiatan Kepala Seksi (Kasi) Kepemudaan  Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Boyolali, Rima Kusuma, selain itu juga para Wakil ketua dan Sekretaris Kwartir Cabang Boyolali.

Pelatihan pramuka peduli ini dibuka secara langsung oleh Wakil Ketua Kwarcab Boyolali Bidang Pengabdian Masyarakat dan Humas, Kak Agus Winarno.

Berbagai macam materi tentang mitigasi kebencanaan akan disampaikan oleh narasumber dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali serta dari para pelatih Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Kwarcab Boyolali.

Adapun materi yang akan disampaikan antara lain fundamental kepramukaan, organisasi pramuka peduli, pramuka peduli penanggulangan bencana, pramuka peduli kemanusiaan, pramuka duta perubahan,manejemen resiko, logistic dan dapur umum, menyusun program kwartir ranting, hingga simulasi manajemen bencana.

Mewakili Ketua Kwarcab Boyolali, Supana, Wakil Ketua Kwarcab Boyolali, Agus Winarno, mengatakan, “dengan adanya pelatihan pramuka peduli ini kami harapkan pramuka di Boyolali mempunyai jiwa yang peka terhadap lingkungan dan situasi kondisi sehingga kami bisa berharap memunculkan agen perubahan perilaku utamanya bidang karakter pramuka harus menjadi garda yang terdepan untuk memulai kegiatan itu.

Sehingga nanti di Boyolali akan memunculkan duta perubahan perilaku yang sementara ini baru kita sosialisasikan dan harapannya di akhir bulan ini untuk kegiatan duta perubahan perilaku itu sudah bisa dilaksanakan, ini sebagai contoh nyata karya pramuka untuk masyarakat, targetnya nanti setelah kegiatan ini bisa menularkan pada anggota pramuka lainnya di masing-masing kecamatan sehingga bisa menjadi pioner duta perubahan perilaku di boyolali” ujar Agus Winarno, yang juga menjabat sebagai Kepala SMPN 2 Boyolali.

Rencananya kegiatan pelatihan pramuka peduli ini akan berlangsung hingga Jum’at, 26 November 2021 mendatang. (Eksani/ Humas).

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *