Anggota pramuka golongan siaga mengikuti kegiatan Persari di SDN 3 Tanjung, Kecamatan Klego, Rabu (11/3/2020).

BOYOLALI — Sebanyak 60 peserta anggota pramuka golongan siaga Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) mengikuti perkemahan satu hari (Persari) yang digelar oleh Kwartir Cabang 1109 Boyolali di SDN 3 Tanjung, Kecamatan Klego, Rabu (11/2/2020). Kegiatan ini merupakan pemantapan materi pesta siaga Bina Wilayah (Binwil) Surakarta. Binwil Surakarta ini merupakan penggabungan dari 7 Kabupaten/ Kota antara lain Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, Klaten. Kegiatan Persari ini melombakan 9 taman yaitu taman agama, taman kerapian berpakaian, taman baris berbaris, taman pesan berantai, taman scouting skill, taman bola pantul, taman pentas budaya, taman puisi pramuka serta taman tokoh dan pahlawan. Kegiatan Persari dibuka langsung oleh ketua Kwartir Cabang 1109 Boyolali, Supana. Ikut hadir dalam pembukaan persari ini perwakilan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Boyolali, Koordinator Wilayah Paud Dikdas LS Kecamatan Klego, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompinca) Klego, Para wakil ketua pembina muda (Waka binamuda) dan wakil ketua pembina dewasa (Waka binawasa) serta para andalan cabang dan andalan ranting Kwartir Ranting Klego.

Ketua Kwarcab Boyolali, Supana, membuka kegiatan Persari di Halaman SDN 3 Tanjung, Klego, Rabu (11-3-2020).

Supana menjelaskan, “Bahwa persari ini merupakan hasil tindak lanjut dari pesta siaga tingkat cabang akhir tahun kemarin yang digelar di Paras, Cepogo. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun kekompakan, membangun soliditas dari kontingen Kwarcab Boyolali, harapannya nanti bisa mendapatkan prestasi yang baik di tingkat Binwil Surakarta, terbukti Boyolali untuk beberapa tahun ini selalu mewakili Binwil Surakarta ke Kwarda Jawa Tengah. Dan kali ini ada 6 barung yang mewakili kwarcab boyolali yaitu kwaran musuk 1 barung, kwaran teras 1 barung, kwaran mojosongo 1 barung, kwaran andong 1 barung dan kwaran klego 2 barung,”

Ujar Supana yang juga menjabat sebagai Staff Ahli Bupati Boyolali, Seno Samodro.

Sementara itu ketua panitia, Sarmidi, mengatakan, “setelah upacara pembukaan, kegiatan ini prinsipnya adalah nanti anak anak menuju taman-taman yang sudah disiapkan, taman tersebut berisikan materi-materi yang sesuai dengan taman yang akan dilaksanakan di binwil surakarta, sesuai dengan juklak dan juknis saat temu tehnik di wonogiri, harapannya minimal mereka ada salah satu barung yang bisa mewakili binwil surakarta ke kwarda Jawa Tengah,” Ungkapnya.

Ketua Panitia, Sarmidi, menyampaikan laporan kegiatan Persari.
Ketua Kwarcab Boyolali, Supana (tengah) menjadi pembina upacara Persari.
Peserta Persari menunjukan keahlian tali temali pada dewan juri.
Peserta menuju taman-taman yang sudah disiapkan dalam kegiatan Persari.

Salah satu peserta, Siti Nur Aisyah (10), mengatakan “ia merasa senang bisa ikut kegiatan ini, ia bersama teman-temannya semangat sekali ikut latihan pesta siaga, harapannya bisa menang, ujarnya sambil tersipu malu. Rencananya kegiatan Pesta Siaga Binwil Surakarta nantinya akan digelar di Kabupaten Wonogiri pada tanggal 21 Maret 2020 yang akan datang. (Humas/ Eksani)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *