PKAP Kwarcab Boyolali 2019

BOYOLALI — Gerakan pramuka Kwartir Cabang 1109 Boyolali menggelar kegiatan Pengembaraan Ki Ageng Pandanarang ke XI yang diikuti oleh pramuka penegak SMA/ SMK/ MA se Kabupaten Boyolali. Kegiatan Pengembaraan Ki Ageng Pandanarang (PKAP) ke XI ini dibuka langsung oleh Ketua Kwarcab Boyolali Supana, di Halaman Kantor Kecamatan Cepogo, Boyolali, Jum’at (13/12/2019). Ikut hadir Camat Cepogo, Tubinu yang juga ketua Kamabiran Cepogo serta anggota Forkompinca Kecamatan Cepogo. Kegiatan ini merupakan rangkaian program kerja Kwarcab Boyolali yang dilaksanakan di tahun 2019.

Ketua Kwarcab Boyolali Supana memimpin apel Pengembaraan Ki Ageng Pandanarang ke XI

Menurut Ketua Kwarcab Boyolali, Supana, “Kegiatan PKAP ini diikuti adik-adik penegak dari Ambalan di gugus se Kabupaten Boyolali, dengan tujuan untuk membentuk karakter anak anak agar menjadi anak anak yang tangguh, disiplin, orang orang yang patriotik, sekaligus siap menjadi teladan bagi sesama, dan yang jelas tema kali ini adalah Pengembaraan Ki Ageng Pandanarang, karena secara historis beliau adalah tokoh yang mengawal lahirnya Kab. Boyolali dari pengembaraan tersebut yang dimulai dari Semarang menuju ke Jabalkat, dimana lahirnya kota boyolali adalah salah satunya atas prakarsa dari Ki Ageng Pandanarang, maka atas dasar itulah

sampai hari ini kami Kwarcab Boyolali masih melestarikan dengan kegiatan kepramukaan dengan nama Pengembaraan Ki Ageng Panadarang, Harapannya adik adik bisa meneladani apa yang telah dilakukan Ki Ageng Pandaarang tersebut, seperti ahlak mulia, kematangan secara emosional, dan bisa menjadi pemimpin dimasa depan,” Ujarnya.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap 5 tahun sekali, dan kali ini untuk ke sebelas kalinya, yang diikuti sebanyak 20 kontingen yang terdiri dari 200 siswa-siswi anggota pramuka penegak SMA/ SMK/ MA perwakilan dari masing-masing Kwartir Ranting. Para peserta ini nantinya akan berjalan kaki dengan menempuh jarak sekitar 15 kilo meter melewati lembah, perkebunan warga dan perbukitan di pegunungan Merapi dan Merbabu hingga finish di Bumi Perkemahan Indra Prastha Pantaran, Kecamatan Gladagsari, Boyolali, Minggu (15/12/2019). Di dalam perjalanan nantinya mereka akan menjawab berbagai soal pada giat prestasi seperti, scoting skill, menggambar, aksara jawa, pentas seni, dan juga LCTP serta kegiatan lainnya tentang kepramukaan, kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dimulai Jum’at – Minggu (13-15/12/2019), Ujar Sri Haryati, Ketua Sangga Kerja Kwarcab Boyolali.

Selain para peserta, kegiatan PKAP ke XI ini juga diikuti para bina damping dari masing-masing gugus depan, mereka juga ikut dalam rombongan untuk memastikan para peserta dalam kondisi baik. Salah satu peserta dari kontingen Banyudono, Popy (17),“ia berharap kegiatan ini nantinya bisa membawa nama baik sekolah, sehingga pramuka di sekolah kedepannya bisa lebih maju, lebih berprestasi lagi”, Ungkapnya.

Rencananya kegiatan ini nantinya akan ditutup pada Minggu (15/12/2019) siang, sekaligus pembagian piala serta hadiah kejuaraan untuk masing masing kontingen tergiat, di Bumi Perkemahan Indra Prastha, Kecamatan Gladagsari, Boyolali. (Humas/Eksani)

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *